< Back

Asesmen Peta Potensi Sekolah Sasaran

Yayasan Ircos Indonesia sebagai penerima dana Program Organisasi Penggerak Kemendikbudristek RI memulai kegiatan dengan melaksanakan Asesmen Peta Potensi Sekokah Sasaran di Kabupaten Magelang pada tanggal 6 September 2021 di aula Kantor Dinas Pendidiksn dan Kebudayaan Kabuoaten Magelang, Jawa Tengah. Kegiatan yang mengundang 60 Kepala Sekolah SD (42 SD Negeri dan 18 SD swasta) sebagai sekolah sasaran tersebut, dibuka okeh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang.

Kegiatan ini bertujuan untuk menggali potensi sekolah sasaran dalam bentuk praktek baik yg selama ini telah dilaksanakan di masing-masing sekolah. Praktek baik yang dilakukan oleh Kepala Sekolah, para guru dan komite sekolah merupakan potensi yg bisa dikembangkan sebagai modal menjadi sekokah penggerak. Setelah asesmen terhadap kepala sekolah, para fasilitator daerah (Fasda) akan hadir di sekokah pembinaan masing-masing untuk melakukan asesmen terhadap para guru dan komite sekokah.
Hasil asesmen akan dijadikan dasar untuk melakukan intervensi terhadap sekokah, melalui pelatihan MBS kepada Kepala Sekokah dan Pengawas Sekokah serta Komite Sekokah; pelatihan Pembelajaran Aktif untuk guru kelas tinggi (4, 5 dan 6); dan pelatihan literasi-numerasi utk guru kelas awal (1, 2 dan 3). Sehingga tujuan akhir dari POP, yaitu menghasilkan sekokah penggerak dapat dicapai dengan baik.

Asesmen Peta Potensi Sekolah Sasaran